Puji dan syukur saya
panjatkan kepada Tuhan yang maha esa, yang telah memberikan berkat dan karunia
yang di limpahkan kepada penulis, sehingga dapat meneyelasaikan makalah ini.
Adapun
yang menjadi judul tugas saya adalah “Critical
Book Review”. Tujuan saya menulis makalah ini ialah untuk memenuhi tugas
mata kuliah “Penelitian Kuantitatif”.
Jika dalam
penulisan makalah ilmiah ini terdapat berbagai kesalahan dan kekurangan dalam
penulisannya, maka kepada para pembaca, saya memohon maaf sebesar-besarnya atas
koreksi yang telah dilakukan. Hal tersebut semata-mata agar menjadi suatu
evaluasi dalam pembuatan makalah ini. Oleh karena itu dengan tangan terbuka saya
menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar penulis dapat memperbaiki
makalah ilmiah ini.
Mudah-mudahan
dengan adanya pembuatan tugas ini dapat memberikan manfaat berupa ilmu
pengetahuan yang baik bagi penulis maupun bagi para pembaca.
Medan, 23 Mei
2019
Penulis
Mukhlida Arafiah
Identitas
buku 1
Judul :
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D
Penulis :
Prof. Dr. Sugiyono
Tahun :
2017
Penerbit :
Alfabeta
Kota :
Bandung
Terbit : Oktober 2017
Jml Halaman : 334
ISBN : 979 – 8433 – 64 - 0
Identitas buku
2
Judul
Buku : Metodologi Penelitian Kuantitatif
Penulis : Dr. Salim, M. Pd
Penerbit : Citapustaka Media
Tahun
Terbit : Bandung 2017
ISBN : 979-3216-90-5
BAB
1
PERSPEKTIF
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
(Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, R & D)
Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara
ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Terdapat
empat kata kunci yang perlu diperhatikan yaitu : cara ilmiah, data, tujuan,
kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu berdasarkan pada
ciri- ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Rasional berarti
kegiatan penelitian itu lilakukan dengan cara-cara yang masuk akal, sehingga
terjangkau oleh penalaran manusia..
Secara umum tujuan penelitian ada tiga macam yaitu
bersifat penemuan, pembuktian dan pengembangan. Penemuan berarti yang diperoleh
dari penelitian itu adalah data yang betul-betul baru yang sebelumnya belum
pernah diketahui. Pembuktian berarti data yang diperoleh itu digunakan untuk
membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu,
dan pengembangan berarti memperdalam dan memperluas pengetahuan yang telah ada.
Melalui penelitian manusia dapat menggunakan hasilnya. Secara umum data yang
telah diperoleh dari penelitian dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan
mengantisipasi masalah.
BAB
2
PROSES
PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN
Data yang telah terkumpul
dianalisis. Analisis diarahkan untuk menjawab rumusan masalah dan hipotesis
yang diajukan. Data analisis selanjutnya disajikan dan diberikan pembahasan.
Penyajian data dapat menggunkan tabel, tabel distribusi frekuensi, grasik
garis, grafik batang, piechart (diagram lingkaran), dan pictigram. Setelah
hasil penelitian diberikan pembahasan, maka selanjutnya dapat disimpulkan.
Kesimpulan berisi jawaban singkat terhadap setiap rumusan masalah berdasarkan
data yang telah terkumpul. Apabila hipotesis penelitian yang diajukan tidak
terbukti, maka perlu dicek apakah ada yang salah dalam penggunaan teori,
instrumen, pengumpulan, analisis data, atau rumusan masalah yang diajukan.
BAB
3
METODE
PENELITIAN EKSPERIMEN
Metode penelitian eksperimen dapat
diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh
perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Bentuk
desain eksperimen yang dapat digunakan dalam penelitian bisnis, yaitu :
Pre-Experimental Design, True Experimental Design, Factorial Design, dan Quasi
Experimental Design.
BAB
4
POPULASI
DAN SAMPEL
Populasi adalah wilayah generalisasi
yang terdiri atas : obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik
tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik
kesimpulannya.
Sampel adalah bagian dari jumlah dan
karakteristik yang dimiliki populasi tersebut. Bila populasi besar, dan
peneliti tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi, misalnya
karena keterbatasan dana, tenaga dan waktu, maka peneliti dapat menggunakan
sampel yang diambil adari populasi.
BAB
5
TEKNIK
PENGUMPULAN DATA
Terdapat dua hal utama yang
mempengaruhi kualitas data hasil penelitian, yaitu: kualitas instrumen
penelitian, dan kualitas pengumpulan data. Pengumpulan data dapat dilakukan
dalam berbagai setting, berbagai sumber, dan berbagai cara. Sumber primer
adalah sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data, dan
sumber sekunder merupakan sumber yang tidak langsung memberikan data kepada
pengumpul data, misalnya lewat orang lain atau lewat dokumen.
Wawancara digunakan sebagai teknik
pengumpulan data apabila peneliti ingin melakukan studipendahuluan untuk
menemukan permasalahan yang harus diteliti, dan juga apabila peneliti ingin
mengetahui hal-hal dari respondenynag lebih mendalam dan jumlah respondenya
sedikit/kecil.
BAB
6
ANALISIS
DATA
Teknik analisis data dalam
penelitian kuantitatif menggunakan statistik. Terdapat beberapa dua macam
statistik yang digunakan untuk analisis data dalam penelitian, yaitu statistik
deskriptif, dan statistik inferensial.
Statistik deskriptif adalah
statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan
atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud
membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi penelitian yang
dilakukan pada populasi (tanpa diambil sampelnya)jelas akan menggunakan
statistik deskriptif dalam analisisnya.
Penggunaan statistik parametris dan
nonparametris tergantung pada asumsi dan jenis data yang akan dianalisis.
Statistik parametris memerlukan terpenuhi banyak asumsi. Asumsi yang utama
adalah data yang akan dianalisis harus berdistribusi normal.
BAB
7
CONTOH
ANALISIS DATA DAN PENGUJIAN HIPOTESIS
Untuk memahami penggunaan statistic dalam penelitian maka dalam
bab ini Prof. Sugiyono memaparkan contoh penelitian . Misalnya penelitian
berjudul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Situasi Kepemimpinan
terhadap Iklim Organisasi Sekolah Widyaloka. Variabel penelitian adalah gaya
kepemimpinan kepala sekolah (X1), dan situasi kepemimpinan (X2) sebagai variable
independen dan iklim organiasi sekolah (Y) variable dependen. Populasi sebagai
sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah semua guru yang berpendidikan
S2,S2 dan D3 dengan jumlah 50 orang.
Berdasarkan tingkat kesalahan 5 % maka ukuran sampel ditemukan 44 guru terdiri
atas 30 orang pria dan 14 orang wanita.
BAB
8
INSTRUMEN
DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Dalam penelitian kualitatif yang
menjadi instrumen atau alat penelitian adalah peneliti itu sendiri. Oleh karena
itu,peneliti sebagai instrumen juga harus validasi seberapa jauh peneliti
kualitatif siap melakukan penelitian yang selanjutnya terjun ke lapangan.
Validasi terhadap peneliti sebagai instrumen meliputi validasi terhadap
pemahaman metode penelitian kualitatif,penguasaan wawasan terhadap bidang yang
diteliti.
BAB
9
TEKNIK
ANALISIS DATA
Dalam penelitian kualitatif,data
diperoleh dari berbagai sumber,dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang
bermacam-macam (triangulasi),dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya
jenuh. Berdasarkan hal tersebut bahwa analisis data adalah proses mencari dan
menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara,catatan
lapangan,dan dokumentasi. Analisis data kualitatif adalah bersifat induktif
yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh selanjutnya dikembangkan
pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis.
1.
Analisis sebelum di Lapangan,Penelitian kualitatif telah
melakukan analisis data sebelum peneliti memasuki lapangan. Analisis dilakukan
terhadap data hasil studi penelitian,atau data sekunder,yang akan digunakan
2.
Analisis selama di Lapangan,dilakukan pada saat pengumpulan
data berlangsung,dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu.
Pada saat wawancara,peneliti sudah melakukan analisis terhadap jawaban yang di
wawancarai.
BAB 1
Metodologi Penelitian Kuantitatif
Metode adalah suatu prosedur atau cara untuk
mengetahui sesuatu. Sementara itu, metodologi adalah suatu pengkajian dalam
mempelajari peraturan-peraturan dalam metode tersebut. Jadi, metodologi adalah
kajian dan pembelajaran mendalam terhadap sebuah metode tertentu. Dengan
demikian metodologi penelitian adalah sebuah materi pengetahuan untuk
mendapatkan pengertian yang lebih dalam mengenai sistematisasi atau
langkah-langkah penelitian.
Tujuan dari penelitian dapat dimanfaatkan
secara praktis dan segera. Misalnya tentang perdangan untuk menetapkan harga
sesuatu komoditi ekspor, atau seperti seorang peneliti suatu fakta tentang
peningkatan taraf hidup rakyat gurub mencari jalan analisa menjadikan ukuran
desa swasembada pangan dan sebagainya.
BAB 2
Prosuder Penelitian Kuantitatif
Penelitian ilmiah memiliki langkah-langkah
tertentu. Sama halnya ketika hendak minum, tentunya tahapan yang harus ditempuh
adalah mengambil gelas, menuang air kedalam gelas, mengangkat gelas, lalu
kemudian meminum air tersebut.
Langakah umum penelitian harus dengan menemukan masalah terlebuh
dahulu, alalasan keputusan, menentukan fokus masalah, penentuan desain dan
metode, pengumpulan data, penarikan kesimpulan, dan terajhir analisis hasil.
Masalah dan penelitian, yang pertama melakukan identifikasi dan perumusan
masalah, konsep, karateristik masalah, sumber masalah pertimbangan seleksi
masalah, dan juga masalah dan perumudan masalah.
Tujuan melakulkan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan kemampuan
merancang pembelajaran dengan kinerja guru dalam mengajar, juga untukhubungan
motivasi berprestasi terhadap kinerja guru dalam mengajar.
BAB 3
POPULASI SAMPEL DAN VARIABEL PENELITIAN
Populasi adalah keseluruhan obyek yang di teliti, baik berupa benda
hidup maupun benda mati dan manusia baik sifatnya yang ada padanya yang dapat
di amati. Sampel adalah bagian dari popualasi yang menjadi object penelitian.
Atau berupa wakil dari populasinya. Variabel adalah konsep yang memp;unyai
variasi nilai, misalnya tingkat pendidikan, volume penjualan, manajer, dan
sebagainya. Proposoisi adalah pernyataan tentang sifat dan realita yang dapat
diuji kebenarannya.
BAB 4
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Dalam setiap penelitian memilih metode yang tepat merupakan hal yang
sangat penting, karena dengan data tersebutlah kita dapat menjawab
problematika, mencapai tujuan penelitian serta menguji hipotesis. Pengumpulan
data dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantungan dari tujuan penelitian,
tersedianya waktu, tenaga dan biaya. Selain daripada itu perlu pula
dipertimbangkan apakah data yang akan dikumpulkan itu berupa data kuantitatif.
Untuk mendapatkan data yang baik, instrument penelitian khususnya,
angket dan tes harus memenuhi setidaknya syarat berikut :
- Validitas
Validitas adalah istilah yang menggambarkan kemampuan sebuah
instrument untuk mengukur apa yang ingin diukur.
- Realibilitas
Instrument penelitian harus memenuhi syarat berikutnya, yaitu
realibilitas. Jika sebuah instrument penelitian dapat mengukur sebuah variabel
pada suatu saat dan kelak juga dapat digunakan diwaktu lainnya untuk mengukur
variabel yang sama, itu disebut sebagai realibilitas.
BAB 5
ANALISIS DATA, PENYUSUNAN DAN PENGUKURAN
Pengumpulan data termasuk salah satu kegiatan penting dalam penelitian
karena kebenaran hasil penelitian sangat ditentukan oleh kebenaran data yang
dikumpulkan. Sebagian dari kegiatan pengumpulan data dapat dilakukan dengan
cara mengatur variabel penelitian. Mengukur berarti menetapkan dimensi atau tetap
sesuatu yang dinyatakan dalam bentuk bilangan.
Secara prosedur pengukuran terdiri dari langkah, yaitu :
- Menentukan dimensi variabel penelitian
- Merumuskan ukuran masing-masing dimensi
- Menentukan tingkat ukuran yang digunakan
- Menguji validitas dan reabilitas alat
ukur
Data kuantitatif diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistic.
Penentuan teknik statistic yang akan didasarkan kepada dua faktor, yaitu
penelitian dan jenis data yang akan dianalisis. Penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh dan hubungan antar variabel (dua atau lebih) dapat
dianalisis dengan menggunakan salah satu strategi berikut :
- Analisis korelasi
- Analisis varians
BAB VI
RANCANGAN PENELITIAN DAN PROSEDUR PEMBUATAN
PROPOSAL
Sesungguhnya rancangan penelitian merupakan inti utama dari sebuah
penelitian. Secara umum, rancangan penelitian akan mempengaruhi hasil dari
penelitian itu sendiri.
Proposal penelitian adalah rencana penelitian. Untuk membuat suatu
rencana, seharusnya terlebih dahulu diketahui hal-hal yang berkaitan dengan
yang akan direncanakan. Sumber penegtahuan penelitian untuk memperoleh
informasi mengenai hal yang akan direncanakan
ada tiga hal yaitu, pengalaman, pengetahuan peneliti sendiri literature,
atau pengalaman pengetahuan orang lain.
Model dan prosedur pembuatan rencana
penelitian tidaklah semuanya seragam. Model ini banyak dipengaruhi pemberi dana
atau penentu terlaksana tidaknya suatu penelitian. Namun yang paling prinsip
adalah bahwa seharusnya pembuatan proposal tidak ikut dalam melaksanakan penelitian
yang bersangkutan sudah dapat dilakukan orang lain. Disamping kejelasan juga
adalah sesuai dengan kaedah-kaedah keilmiahan. Tanpa bermaksud mengucilkan
prosedur proposal penelitia yaitu :
- Judul penelitian
- Latar belakang masalah
- Identifikasi masalah
- Pembatasan masalah
- Perumusan masalah
- Tujuan penelitian
KELEBIHAN
BUKU 1
1. Buku
Prof. Dr. Sugiono ini sangat lengkap
2. Mempunyai
contoh analisa data
3. Menggunakan
bahasa yang mudah di pahami
4. Memaparkan
sistematika pembuatan proposal
KELEMAHAN
BUKU 1
1. Kurangnya
informasi tentang cara memperoleh hipotesis
2. Tidak
dicantumkan kode etik penelitian yang baik dan benar
3. Buku
ini terlalu tebal
4. Untuk
pemula akan sulit memahami buku ini, karena ada beberapa hal yang sulit
dimengerti
KELEBIHAN BUKU 2
Kelebihan buku kedua, didalam buku ini penggunaan bahasa atau
kalimatanya yang ringan sehinggah mempermudah pemahaman bagi pembaca, dan
setiap buku tertata rapi mulai dari halaman, judul, hak cipta, maupun pembahasan.
KELEMAHAN BUKU 2
Kelemahan buku ini
adalah buku tidak cocok dibaca bagi pembacanya yang tidak untuk penelitian
karna terlalu membosankan.
Sugiono. 2017. Metode
Penelitian kuantitatif,kualitatif,dan R&D. Alfabeta; Bandung
Salim. 2017. Metode penelitian kuantitatif, Citapustaka Media;Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar