Minggu, 14 Oktober 2018


MAN 1 MEDAN
(Di Kelas X Mata Pelajaran Sejarah)
Dosen Penggampu: Dra.Farida Jaya, M.Pd.
DISUSUN OLEH :
Nanda Kurniawan
SEMESTER V
Description: djhdcsolk.jpg
 










PEDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUMATERA UTARA
MEDAN
T.A 2018/2019



DAFTAR ISI

DAFTAR ISI............................................................................................................. 2
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah.............................................................................. 3
1.2  Rumusan Masalah ....................................................................................... 4
1.3  Tujuan Observasi......................................................................................... 4
1.4  Manfaat Observasi....................................................................................... 4
BAB II HASIL PENGAMATAN
2.1  Waktu dan Tempat....................................................................................... 5
2.2  Siswa dan Guru yang diobservasi................................................................ 5
2.3  Hasil Observasi............................................................................................ 5
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Kegiatan Pembelajran.................................................................................. 8
3.2 Prnggelolaan Kelas....................................................................................... 9
BAB IV PENUTUP DAN LAMPIRAN................................................................. 10
KESIMPULAN................................................................................................. 10
LAMPIRAN RPP............................................................................................. 11
LAMPIRAN FOTO.......................................................................................... 15



BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Guru harus mampu memilih metode yang efisien dan efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat terpenuhi secara optimal. Pelaksanaan suatu metode pembelajaran diperlukan satu atau lebih teknik. Tidak hanya metode pembelajaran, seorang guru juga harus memiliki pengetahuan tentang model, media dan strategi pembelajaran yang tepat digunakan dalam suatu proses belajar mengajar. Mengajar merupakan suatu perbuatan yang memerlukan tanggung jawab moral yang cukup berat. Berhasilnya pendidikan pada siswa sangat bergantung pada pertanggung jawaban guru dalam melaksanakan tugasnya. Zamroni (2000:74) mengatakan “guru adalah kreator proses belajar mengajar. Ia adalah orang yang akan mengembangkan suasana bebas bagi siswa untuk mengkaji apa yang menarik minatnya, mengekspresikan ide-ide dan kreatifitasnya dalam batas-batas norma-norma yang ditegakkan secara konsisten.
Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, perlu dibuat suatu strategi mengajar sebagai suatu usaha dari guru dalam melaaksanakan proses belajar mengajar agar sehingga dapat mempengaruhi para siswa dalam mencapai tujuan pengajaran lebih efektif dan efisien. Untuk melaksanakan tugas secara profesional, guru memerlukan wawasan yang mantap tentng kemungkinan strategi belajar mengajar yang diterapkan sesuai dengan tujuan belajar yang telah dirumuskan .  Strategi Belajar Mengajar adalah suatu mata kuliah yang diajarkan kepada para calon guru. Untuk lebih memahami strategi dalam mengajar, dari kondisi dan keadaan yang demikian lah maka penulis mengadakan observasi langsung ke sekolah. Dengan mengadakan observasi ini, penulis bisa melihat bagaimana guru mengajar dan apa strategi yang digunakan serta kendala-kendala yang dihadapi oleh guru didalam kelas.
Adapun observasi ini diadakan di MAN 1 Kota Medan, dan guna untuk mengetahui pembelajaran yang di adakan di sekolah tersebut.



1.2 Rumusan Masalah
  Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas maka rumusan masalah dalam laporan observasi ini adalah :
1)      Bagaimana pelaksaanaan Kegiatan Belajar Mengajar yang dilakukanoleh guru Sejarah di sekolah dan kesesuaiannya dengan RPP.
2)      Bagaimana cara pengelolaan kelas yang dilakukan guru Sejarah Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung secara efektif.
3)      Bagaimana perbandingan Kegiatan Belajar Mengajar guru Sejarah disekolah dengan teori yang didapat selama perkuliahan.

1.3  Tujuan Observasi
Adapun tujuan observasi ini antara lain sebagai berikut:
1)      Untuk mengetahui proses pembelajaran Sejarah secara langsung di kelas.
2)      Untuk mengetahui metode, model dan strategi pembelajaran yang efektif  untuk digunakan dalam proses pembelajaran Sejarah
3)      Untuk mengetahui masalah atau kendala yang muncul dalam pembelajaran Sejarah.
4)      Untuk membandingkan teori strategi belajar mengajar Sejarah yang didapat di perkuliahan dengan prakteknya dilapangan.


1.4  Manfaat Observasi
        Manfaat dari observasi ini antara lain :
1)      Dapat mengetahui proses pembelajaran Sejarah secara langsung dikelas
2)      Dapat mengetahui metode, model dan strategi pembelajaran yang efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Sejarah
3)      Dapat mengetahui masalah atau kendala yang muncul dalam pembelajaran Sejarah
4)      Dapat membandingkan teori strategi belajar mengajar Sejarah yang didapat di perkuliahan dengan prakteknya dilapangan.



BAB II
HASIL PENGAMATAN
2.1  Waktu dan Tempat Observasi
Observasi dilakukan di MAN 1 Kota. Observasi ini dilaksanakan pada tanggal 08 Oktober 2018  mulai pukul 09.25 – 11.00 WIB atau 2 jam pelajaran.
2.2  Siswa dan Guru yang Diobservasi
       Adapun siswa yang diobservasi adalah siswa-siswi kelas X Semester Ganjil 2018/2019 yang berjumlah 38 siswa. Sedangkan guru yang diamati adalah Ibu Juniar Naibaho S.Pd selaku guru yang mengajar mata pelajaran Sejarah pada kelas tersebut.
2.3  Hasil Observasi
1.  Kegiatan Pembelajaran
a)        Kegiatan Awal
·         Membuka pelajaran
      Guru memasuki ruangan belajar dan menyapa dengan salam. Kemudian peserta didik memberikan salam kepada guru dan membaca do’a sebelum memulai proses pembelajaran dan kemudian mengabsen kehadiran siswanya.
·         Mempersiapkan perlengkapan belajar mengajar
      Guru bersama  peserta didik mempersiapkan buku-buku pelajaran serta perlengkapan belajar lainnya.
·         Apresiasi
      Setelah perlengkapan belajar mengajar telah dipersiapkan dengan baik. Guru mulai memotivasi peserta didik dan mengulang kembali sedikit materi pembelajaran sebelumnya. Disini , guru menanyakan tentang materi sebelumnya dan sejauh mana pemahaman siswa tentang materi tersebut. Kemudian guru dan siswa bersama-sama membahas materil yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya
       Kegiatan ini dilakukan guru untuk melihat sejauh mana materi itu dikuasai dengan baik oleh siswanya sehingga guru dapat melanjutkan pembelajarannya yakni tentang barisan dan deret geometri.



b)Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan materi pelajaran
Setelah membahas soal pada materi sebelumnya , guru mulai menjelaskan materi pelajaran selanjutnya yakni tentang ”Sejarah kebuyaan Islam”. Disini guru menjelaskan secara singkat tentang kebudayan islam.
·         Melakukan tanya jawab
Proses tanya jawab antara guru dan peserta didik dilakukan saat guru menjelaskan dan saat guru telah selesai menjelaskan  materi pelajaran.
·         Guru memberikan soal latihan kepada semua siswanya.
Dua soal diberikan setelah seluruh pertanyaan dari siswa terjawab dan siswa sudah dianggap paham dengan materi yang dipelajari.
·         Peserta didk mendiskusikan jawabannya.
      Dalam mengerjakan soal latihan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi bersama temannya agar lebih  mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru.Sambil menunggu siswa mengerjakan soal latihan, guru berkeliling memantau siswa-siswa yang tidak mengerjakan soal latihan.
·         Peserta didik mengerjakan jawabanya dipapan tulis
Kemudian guru meminta beberapa siswa yang sudah menyelesaikan soal latihan, untuk menuliskan hasil kerjanya di papan tulis dan dibahas secara bersama-sama oleh guru beserta siswa.
·         Guru mengarahkan peserta didik
Apabila masih ditemui peserta didk yang belum memahami dengan baik cara mengerjakan soal yang telah diberikan guru segera menghampiri dan mengarahkan peserta didik tersebut. Kemudian guru memberikan kembali soal latihan yang besumber dari buku cetak Matematika, untuk tambahan pekerjaan siswa dirumah.
c)Kegiatan Akhir (penutup)
Pada kegiatan akhir guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran. Diakhir pelajaran guru bersama siswa menyimpulkan kembali materi pelajaran yang telah dipelajarin sebelumnya. Kemudian menutup pertemuan di kelas dengan mengucapkan salam dan meninggalkan ruangan kelas tersebut.



2.    Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah metode Cooperatif ekspositori dan diskusi . Metode cooperatif digunakan ketika guru ingin mengajak siswa menemukan sejarah kebudayaan islam. Sedangkan metode eksposotori digunakan guru saat menjelaskan kebudayaan Islam. Dan metode diskusi digunakan saat diberikannya soal latihan.
3.  Media Pembelajaran
     Media yang digunakan adalah media cetak, yaitu buku paket sejarah untuk kelas X MA dan SMA karangan Herynugroho dkk. Sedangkan Alat pembelajaran yang digunakan yaitu spidol dan papan tulis.
4. Waktu Pembelajaran
    Waktu yang digunakan adalah 2 jam pelajaran (2 x 40 menit).
5.    Pengelolaan Kelas
a. Pengaturan Ruangan Kelas
Adapun tata letak/denah ruang kelas pada saat jam pelajaran yang berlangsung adalah terlihat seperti pada gambar berikut:
b. Pengelompokan Siswa
Pada kelas ini, pengelompokan hanya dilakukan per-meja. Dimana satu meja ditempati oleh dua orang siswa atau siswi. Sehingga dalam satu meja tidak ada yang duduk berpasangan/berbeda jenis kelamin. Siswa perempuan lebih banyak daripada siswa laki-laki. Siswa laki-laki lebih banyak mengisi bangku bagian belakang, sedangkan siswa perempuan mengisi bangku di bagian depan.
c. Suasana Proses Belajar
    Suasana pada awal pembelajaran sangat tenang, dan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga guru menjelaskan materi pembelajaran dengan mudah dalam pengelolaan kelas tersebut. Setelah setengah pelajaran berlangsung kondisi kelas mulai mencair, guru semakin santai dalam mengajar sehingga suasana kelas menjadi sedikit ribut, namun dalam hal ini guru tidak membuat siswa-siswi menambah kegaduhan dan konsentrasi siswa jadi terpecah belah.




BAB III
PEMBAHASAN
3.1  Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru sudah mengikuti urutan yang seharusnya, yaitu dimulai dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Semua kegiatan di laksanakan dengan baik berdasarkan urutan-urutan pembelajaran.
a.    Pendahuluan
Pendahuluan yang dilakukan guru cukup baik. Dimulai dengan memberikan salam dan mengabsensi kehadiran siswa, namun guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, sehingga siswa tidak mengetahui apa tujuan dari pembelajaran pada hari itu. Guru hanya memberikan motivasi sehingga siswa termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Seharusnya seorang Guru menyampaikan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mengetahui apa tujuan dari mempelajari materi tersebut. Guru memulai pelajaran dengan menanyakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, dan membahasnya bersama-sama dengan siswa.
b.    Kegiatan Inti
       Guru menjelaskan materi tentang ”Barisan dan Deret Geometri”. Guru menjelaskan secara singkat cara menentukan rasio, suku ke-n, dan rumus suku ke-n
Setelah guru selesai menjelaskan , guru memberikan waktu kepada siswa-siswinya untuk bertanya apakah ada yang tidak dimengerti dari penjelasan guru tersebut. Dikarnakan tidak ada yang bertanya , maka guru mempersilahkan siswanya untuk mencatat materi yang telah dijelaskan. Sembari siswa mencatat , guru memperhatikan siswa dengan berkeliling, hal ini dilakukan guru untuk mengindari adanya siswa yang tidak mencatat.
       Guru memberikan beberapa contoh soal yang dikerjakan oleh siswa dan dibahas bersama – sama oleh guru dan siswa, sehingga siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan latihan soalyang dikerjakan secara berdiskusi bersama teman sebangku dan meminta beberapa siswa untuk  mengerjakannya di papan tulis. sehingga siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran.
       Guru menilai hasil pekerjaan siswa dan guru memberikan reward kepada siswa yang dapat mengerjakan latihan soal , dengan memberikan nilai tambahan dalam kaktifan dikelas. Dan guru memberikan penguatan  pada siswa –siswa yang belum bisa menyelesaikan soal latihan yang di berikan oleh guru. Hal ini dilkukan agar siswa tersebut dapat belajar kembali sehangga mampu menyelesaikan soal – soal latihan yang diberikan.             
c.    Kegiatan Akhir
            Pada kegiatan akhir, memberikan kembali soal latihan yang besumber dari buku cetak Matematika untuk tambahan pekerjaan siswa dirumah. Dan bersaa-sama siwa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.Hal ini penulis nilai sudah sangat baik karena guru sudah menjalankan urutan kegiatan pembelajaran dengan baik. Kemudian menutup pertemuan di kelas dengan mengucapkan salam dan meninggalkan ruangan kelas tersebut.
3.2  Pengelolaan Kelas
 a.   Pengaturan Ruangan Kelas
Ruangan kelas X  yang kami observasi cukup nyaman karena ruangan kelasnya bersih , cukup luas, terang dan terdapat kipas angin yang tidak membuat siswa gerah, serta kelas tersebut pun  hanya diisi dengan 38 siswa, sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan guru dapat dengan mudah untuk mengontrol siswanya jika sedang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
b.    Pengelompokan Siswa
Bila di lihat dari segi tempat duduk siswa, siswa perempuan duduk dengan siswa perempuan, begitu pula siswa laki-laki duduk dengan siswa laki-laki. Hal ini bermaksud agar tidak terlalu terjadi keributan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan.
c.    Suasana Proses Belajar
              Awalnya suasana ruang kelas saat pelajaran berlangsung terkendali. Namun di pertengahan pelajaran, ada siswa yang menyeletuk sehingga membuat keadaan kelas menjadi gaduh karena semua siswa tertawa. Banyak siswa, khususnya yang berada di deretan belakang malah sibuk berbicara dengan teman-teman didekatnya dan tidak mengerjakan soal yang diberikan. Menurut penulis Guru yang mengajar pada kelas tersebut cukup disegani sehingga membuat siswa-siswa takut untuk ditegur kembali
              Dari segi penguasaan materi, guru cukup berhasil membawa siswanya untuk aktif belajar dan memahami materi yang diberikan. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang menunjuk tangan saat diminta untuk maju menyelesaikan soal didepan kelas. Dan ketika guru mempersilahkan seseorang untuk menjelaskan kembali tentang sejarah kebuayaan islam



BAB IV
PENUTUP DAN LAMPIRAN


4.1  Kesimpulan
Dari observasi yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.        Proses  pembelajaran Sejarah di kelas X belajar dengan optimal dan kondusif. Hal ini dikarenakan guru telah mempertimbangkan metode atau strategi yang tepat digunakan untuk materi pelajaran didalam proses pembelajaran. Sehingga siswa memperhatikan dan mengikuti pembelajaran matematika dengan baik.
2.        Metode yang digunakan yakni metode cooperatif, diskusi dan metode ekspositori.
3.     Dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar, guru harus memperhatikan beberapa hal agar tujuan pembelajaran dapat dicapai, diantaranya merencanakan kegiatan pembelajaran, membuat urutan pembelajaran, dan mampu mengelola kelas dengan baik.
4.        Guru harus dapat memberi motivasi kepada para peserta didik dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga para peserta didik dapat mengembangkan ilmu dengan sendirinya tanpa dorongan dari orang lain, tetapi dorongan dari diri siswa sendiri.
5.        Guru harus memperhatikan berbagai kendala yang mungkin terjadi dalam kelas, dan sebisa mungkin dapat meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran agar Kegiatan Belajar Mengajar di kelas dapat berjalan secara efektif.



Lampiran Rpp
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Sejarah
Kelas/Semester            : X/1   
Peminatan                   : Ilmu Ilmu Sosial
Materi Pokok              : Penelitian dan Penulisan Sejarah
Alokasi Waktu            : 6 x 40 menit ( 2x pertemuan)

Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli 
    (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif
    dan  menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
    dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam  
    menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
    prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
    teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, 
    kebangsaan kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
    kejadian, serta  menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
    spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
    dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
    mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
3.7       Menganalisis keterkaitan dan menerapkan langkah-langkah penelitian
          Sejarah terhadap berbagai peristiwa Sejarah
4.7       Melakukan penelitian sejarah secara sederhana dan menyajikanya dalam
          bentuk laporan penelitian

Indikator
1.Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengerjakan  tugas kelompok
2. Menunjukkan sikap kerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok
3. Menunjukkan sikap jujur dalam mengumpulkan dan menyajikan data
4. Menunjukkan sikap santun dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi dan
    presentasi
5. Mendeskripsikan  tentang data dan fakta dalam  sejarah 
6. Menjelaskan tentang realibilitas, validitas dan kesahihan
6. Menjelaskan konsep heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi dalam
    penelitian sejarah
8. Membedakan  prinsip objektifitas dan subjektifitas dalam penulisan sejarah

9. Menemukan topic penelitian dalam penelitian sejarah
10. Melakukan tahap penelitian dan penulisan sejarah secara sederhana
11. Mengolah data penelitian sesuai kaidah penelitian sejarah
12. Menulis hasil penelitian sejarah dalam bentuk laporan penelitian
           

Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
·         Mendeskripsikan  tentang data dan fakta dalam  sejarah 
·         Menjelaskan tentang realibilitas, validitas dan kesahihan
·         Menjelaskan konsep heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi dalam
penelitian sejarah
·         Menemukan  topic  penelitian sejarah
·         Menunjukkan sikap kerjasama dalam mengerjakan tugas
·         Menunjukkan sikap santun dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi dan
presentasi
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan  siswa dapat:
·         Melakukan penelitian sejarah secara sederhana
·         Mengolah data penelitian sesuai kaidah penelitian sejarah
·         Menulis hasil penelitian dalam bentuk laporan penelitian
·         Menunjukkan perilaku jujur dalam mengumpulkan dan menyajikan data
·         Menunjukan kerjasama  dalam kerja kelompok
·         Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengerjakan  tugas kelompok

Materi Pembelajaran
·         Fakta
1.Pelaku sejarah
2.Saksi sejarah
3.Arsip arsip
4. Sumber sejarah

·         Konsep
1. Heuristik
2. Verifikasi
3. Interpretasi
4. Historiografi

·         Prinsip
1. Objektifitas penulisan sejarah
2. Topik Penelitian
3. Data dan fakta sejarah
4. Realibilitas, validitas dan sahih

·         Prosedural
1. Tahapan-tahapan Penelitian Sejarah
2. Pengolahan data
          3. Penyajian Hasil Penelitian
Alokasi Waktu
        6 x 45 menit)

Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan   : Saintifik
Strategi            : Cooperative learning
Metode            : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 

Pertemuan pertama (3 x 45 menit)
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Merefleksi hasil kompetensi (KD) sebelumnya tentang sumber sejarah
·      Mengkaitkan  peran sumber sumber  sejarah dengan penelitian dan penulisan sejarah (KD yang akan datang)
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Bertanya dan menagih secara lisan tugas membaca tentang penelitian sejarah yang sudah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
·      Melaksanakan pretes sederhana dengan kuis tentang hal hal yang berhubungan dengan penelitian sejarah
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Siswa mengamati tayangan video tentang kegiatan sebuah penelitian
·      Siswa menyimak tentang hasil penelitian sejarah
Guru menilai keterampilan siswa mengamati

Menanya
·      Siswa berdialog secara interaktif dengan guru tentang topic penelitian, data dan fakta penelitian
·      Siswa berdiskusi tentang peran sumber sejarah dan kelayakan sumber sejarah (validitas, reliabilitas dan kredibilitas)
·      Siswa berdiskusi tentang langkah langkah penelitian sejarah

Mencoba/mengeksplorasi
·      Siswa dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 sd 6 orang
·      Siswa dalam kelompok diminta untuk mencari topic penelitian
dan sumber sumber sejarahnya dengan berdasar kelayakan sumber
Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok

Mengasosiasi
·      siswa berdiskusi untuk menyimpulkan hubungan antara topic penelitian dengan sumber sumber yang dibutuhkan berdasar kelayakan sumber
Guru membimbing/menilai kemampuan siswa mengolah data dan merumuskan kesimpulan

Mengomunikasikan
·      Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi melalui presentasi
Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan dan tulisan
105 menit
Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi
·         Memberi tugas membaca mencari data tentang sejarah berdirinya sekolah mereka
·         Melaksanakan postes dalam bentuk kuis
15 menit

Lampiran foto

Description: C:\Users\Nanda\Downloads\MAN.jpgDescription: C:\Users\Nanda\Downloads\mansatu_400x400.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar