MAN 1 MEDAN
(Di Kelas X Mata Pelajaran Sejarah)
Dosen Penggampu: Dra.Farida Jaya, M.Pd.
DISUSUN OLEH :
Nanda Kurniawan
SEMESTER V
PEDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUMATERA UTARA
MEDAN
T.A 2018/2019
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI............................................................................................................. 2
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah.............................................................................. 3
1.2 Rumusan
Masalah ....................................................................................... 4
1.3 Tujuan Observasi......................................................................................... 4
1.4 Manfaat Observasi....................................................................................... 4
BAB
II HASIL PENGAMATAN
2.1 Waktu dan Tempat....................................................................................... 5
2.2 Siswa dan Guru
yang diobservasi................................................................ 5
2.3 Hasil Observasi............................................................................................ 5
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Kegiatan Pembelajran.................................................................................. 8
3.2 Prnggelolaan Kelas....................................................................................... 9
BAB IV PENUTUP DAN LAMPIRAN................................................................. 10
KESIMPULAN................................................................................................. 10
LAMPIRAN
RPP............................................................................................. 11
LAMPIRAN
FOTO.......................................................................................... 15
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Guru harus mampu memilih metode yang efisien dan
efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat terpenuhi secara optimal.
Pelaksanaan suatu metode pembelajaran diperlukan satu atau lebih teknik. Tidak
hanya metode pembelajaran, seorang guru juga harus memiliki pengetahuan
tentang model, media dan strategi pembelajaran yang tepat digunakan dalam suatu
proses belajar mengajar. Mengajar merupakan suatu perbuatan yang memerlukan
tanggung jawab moral yang cukup berat. Berhasilnya pendidikan pada siswa sangat
bergantung pada pertanggung jawaban guru dalam melaksanakan tugasnya. Zamroni
(2000:74) mengatakan “guru adalah kreator proses belajar mengajar. Ia adalah
orang yang akan mengembangkan suasana bebas bagi siswa untuk mengkaji apa yang
menarik minatnya, mengekspresikan ide-ide dan kreatifitasnya dalam batas-batas
norma-norma yang ditegakkan secara konsisten.
Untuk
mencapai tujuan pendidikan tersebut, perlu dibuat suatu strategi mengajar
sebagai suatu usaha dari guru dalam melaaksanakan proses belajar mengajar
agar sehingga dapat mempengaruhi para siswa dalam mencapai tujuan pengajaran
lebih efektif dan efisien. Untuk melaksanakan tugas secara profesional, guru
memerlukan wawasan yang mantap tentng kemungkinan strategi belajar mengajar
yang diterapkan sesuai dengan tujuan belajar yang telah dirumuskan . Strategi Belajar
Mengajar adalah suatu mata kuliah yang diajarkan kepada para calon guru. Untuk
lebih memahami strategi dalam mengajar, dari
kondisi dan keadaan yang demikian lah maka penulis mengadakan observasi langsung
ke sekolah. Dengan mengadakan observasi ini, penulis bisa melihat bagaimana
guru mengajar dan apa strategi yang digunakan serta kendala-kendala yang
dihadapi oleh guru didalam kelas.
Adapun observasi ini diadakan
di MAN 1 Kota Medan, dan guna untuk mengetahui pembelajaran yang di adakan di
sekolah tersebut.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang
dikemukakan diatas maka rumusan masalah dalam laporan observasi ini adalah :
1) Bagaimana
pelaksaanaan Kegiatan Belajar Mengajar yang dilakukanoleh guru
Sejarah di sekolah dan kesesuaiannya dengan RPP.
2) Bagaimana cara pengelolaan kelas yang dilakukan guru
Sejarah Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung
secara efektif.
3) Bagaimana perbandingan Kegiatan Belajar Mengajar guru Sejarah disekolah dengan teori yang didapat
selama perkuliahan.
1.3 Tujuan
Observasi
Adapun tujuan observasi ini antara lain sebagai
berikut:
1) Untuk mengetahui proses pembelajaran Sejarah secara langsung di kelas.
2) Untuk mengetahui metode, model dan strategi
pembelajaran yang efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran
Sejarah
3) Untuk mengetahui masalah atau kendala yang muncul
dalam pembelajaran Sejarah.
4) Untuk
membandingkan teori strategi belajar mengajar Sejarah yang didapat di perkuliahan
dengan prakteknya dilapangan.
1.4 Manfaat Observasi
Manfaat
dari observasi ini antara lain :
1) Dapat mengetahui proses pembelajaran
Sejarah secara langsung dikelas
2) Dapat mengetahui metode, model dan strategi
pembelajaran yang efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Sejarah
3) Dapat mengetahui masalah atau kendala yang muncul
dalam pembelajaran Sejarah
4) Dapat
membandingkan teori strategi belajar mengajar Sejarah yang didapat di perkuliahan
dengan prakteknya dilapangan.
BAB II
HASIL PENGAMATAN
2.1 Waktu dan
Tempat Observasi
Observasi dilakukan di MAN 1 Kota. Observasi ini dilaksanakan pada tanggal 08 Oktober 2018 mulai pukul 09.25 – 11.00 WIB atau 2 jam pelajaran.
2.2 Siswa dan Guru
yang Diobservasi
Adapun
siswa yang diobservasi adalah siswa-siswi kelas X Semester Ganjil 2018/2019 yang berjumlah 38 siswa. Sedangkan guru yang diamati adalah Ibu Juniar Naibaho S.Pd selaku guru yang
mengajar mata pelajaran Sejarah pada kelas tersebut.
2.3 Hasil Observasi
1. Kegiatan
Pembelajaran
a) Kegiatan Awal
·
Membuka pelajaran
Guru memasuki ruangan
belajar dan menyapa dengan salam. Kemudian peserta didik memberikan salam
kepada guru dan membaca do’a sebelum memulai proses pembelajaran dan kemudian
mengabsen kehadiran siswanya.
·
Mempersiapkan perlengkapan belajar
mengajar
Guru
bersama peserta didik mempersiapkan buku-buku pelajaran serta
perlengkapan belajar lainnya.
·
Apresiasi
Setelah
perlengkapan belajar mengajar telah dipersiapkan dengan baik. Guru mulai
memotivasi peserta didik dan mengulang kembali sedikit materi pembelajaran
sebelumnya. Disini , guru menanyakan tentang
materi sebelumnya dan sejauh mana pemahaman siswa tentang materi tersebut.
Kemudian guru dan siswa bersama-sama membahas materil yang telah diberikan pada
pertemuan sebelumnya
Kegiatan ini
dilakukan guru untuk melihat sejauh mana materi itu dikuasai dengan baik oleh
siswanya sehingga guru dapat melanjutkan pembelajarannya yakni tentang barisan
dan deret geometri.
b)Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan materi pelajaran
Setelah membahas soal pada materi sebelumnya , guru
mulai menjelaskan materi pelajaran selanjutnya yakni tentang ”Sejarah
kebuyaan Islam”. Disini guru menjelaskan secara singkat tentang kebudayan
islam.
·
Melakukan tanya jawab
Proses tanya jawab antara guru dan peserta didik
dilakukan saat guru menjelaskan dan saat guru telah selesai
menjelaskan materi pelajaran.
·
Guru memberikan soal latihan kepada
semua siswanya.
Dua soal diberikan setelah seluruh pertanyaan dari
siswa terjawab dan siswa sudah dianggap paham dengan materi yang dipelajari.
·
Peserta didk mendiskusikan jawabannya.
Dalam mengerjakan
soal latihan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi bersama
temannya agar lebih mudah memahami materi pembelajaran yang
disampaikan guru.Sambil menunggu siswa mengerjakan soal latihan, guru
berkeliling memantau siswa-siswa yang tidak mengerjakan soal latihan.
·
Peserta didik mengerjakan jawabanya
dipapan tulis
Kemudian guru meminta beberapa siswa yang sudah menyelesaikan soal latihan,
untuk menuliskan hasil kerjanya di papan tulis dan dibahas secara bersama-sama
oleh guru beserta siswa.
·
Guru mengarahkan peserta didik
Apabila masih ditemui peserta didk yang belum memahami
dengan baik cara mengerjakan soal yang telah diberikan guru segera menghampiri
dan mengarahkan peserta didik tersebut. Kemudian guru memberikan kembali soal
latihan yang besumber dari buku cetak Matematika, untuk tambahan
pekerjaan siswa dirumah.
c)Kegiatan Akhir (penutup)
Pada kegiatan akhir guru bersama siswa menyimpulkan
materi pembelajaran. Diakhir pelajaran guru bersama siswa menyimpulkan kembali
materi pelajaran yang telah dipelajarin sebelumnya. Kemudian menutup pertemuan di kelas
dengan mengucapkan salam dan meninggalkan ruangan kelas tersebut.
2. Metode
Pembelajaran
Metode pembelajaran yang
digunakan oleh guru adalah metode Cooperatif ekspositori dan diskusi . Metode cooperatif digunakan ketika guru ingin mengajak
siswa menemukan sejarah
kebudayaan islam. Sedangkan metode eksposotori digunakan guru saat
menjelaskan kebudayaan Islam. Dan metode diskusi
digunakan saat diberikannya soal latihan.
3. Media
Pembelajaran
Media
yang digunakan adalah media cetak, yaitu buku paket sejarah untuk kelas X MA dan SMA karangan Herynugroho dkk. Sedangkan Alat
pembelajaran yang digunakan yaitu spidol dan papan tulis.
4. Waktu Pembelajaran
Waktu
yang digunakan adalah 2 jam pelajaran (2 x 40 menit).
5. Pengelolaan
Kelas
a. Pengaturan Ruangan Kelas
Adapun tata letak/denah ruang kelas pada saat jam
pelajaran yang berlangsung adalah terlihat seperti pada gambar berikut:
b. Pengelompokan Siswa
Pada kelas ini, pengelompokan
hanya dilakukan per-meja. Dimana satu meja ditempati oleh dua orang siswa atau
siswi. Sehingga dalam satu meja tidak ada yang duduk berpasangan/berbeda jenis
kelamin. Siswa perempuan lebih banyak daripada siswa laki-laki. Siswa
laki-laki lebih banyak mengisi bangku bagian belakang, sedangkan siswa
perempuan mengisi bangku di bagian depan.
c. Suasana Proses Belajar
Suasana pada awal pembelajaran
sangat tenang, dan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga guru
menjelaskan materi pembelajaran dengan mudah dalam pengelolaan kelas tersebut.
Setelah setengah pelajaran berlangsung kondisi kelas mulai mencair, guru
semakin santai dalam mengajar sehingga suasana kelas menjadi sedikit ribut,
namun dalam hal ini guru tidak membuat siswa-siswi menambah kegaduhan dan
konsentrasi siswa jadi terpecah belah.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru sudah
mengikuti urutan yang seharusnya, yaitu dimulai dari pendahuluan, kegiatan inti
dan penutup. Semua kegiatan di
laksanakan dengan baik berdasarkan urutan-urutan pembelajaran.
a. Pendahuluan
Pendahuluan yang dilakukan
guru cukup baik. Dimulai dengan memberikan salam dan mengabsensi kehadiran siswa, namun guru tidak
menyampaikan tujuan pembelajaran, sehingga siswa tidak mengetahui apa
tujuan dari pembelajaran pada hari itu. Guru
hanya memberikan motivasi sehingga siswa termotivasi
dalam mengikuti pelajaran. Seharusnya seorang Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mengetahui
apa tujuan dari mempelajari materi tersebut. Guru memulai pelajaran dengan
menanyakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, dan membahasnya bersama-sama dengan siswa.
b. Kegiatan
Inti
Guru
menjelaskan materi tentang ”Barisan dan Deret Geometri”. Guru menjelaskan
secara singkat cara menentukan rasio, suku ke-n, dan rumus suku ke-n
Setelah guru selesai menjelaskan , guru memberikan
waktu kepada siswa-siswinya untuk bertanya apakah ada yang tidak dimengerti
dari penjelasan guru tersebut. Dikarnakan tidak ada yang bertanya , maka guru
mempersilahkan siswanya untuk mencatat materi yang telah dijelaskan. Sembari
siswa mencatat , guru memperhatikan siswa dengan berkeliling, hal ini dilakukan
guru untuk mengindari adanya siswa yang tidak mencatat.
Guru
memberikan beberapa contoh soal yang dikerjakan oleh siswa dan dibahas bersama
– sama oleh guru dan siswa, sehingga siswa berperan aktif dalam proses
pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan latihan soalyang dikerjakan secara berdiskusi bersama teman
sebangku dan meminta beberapa siswa untuk mengerjakannya
di papan tulis. sehingga siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran.
Guru
menilai hasil pekerjaan siswa dan guru memberikan reward kepada siswa yang
dapat mengerjakan latihan soal , dengan memberikan nilai tambahan dalam
kaktifan dikelas. Dan guru memberikan
penguatan pada siswa –siswa yang belum bisa menyelesaikan soal
latihan yang di berikan oleh guru. Hal ini
dilkukan agar siswa tersebut dapat belajar kembali sehangga mampu
menyelesaikan soal – soal latihan yang diberikan.
c. Kegiatan
Akhir
Pada kegiatan akhir,
memberikan kembali soal latihan yang besumber dari buku cetak Matematika untuk tambahan pekerjaan siswa dirumah. Dan
bersaa-sama siwa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.Hal ini penulis
nilai sudah sangat baik karena guru sudah menjalankan urutan kegiatan
pembelajaran dengan baik. Kemudian menutup pertemuan di kelas
dengan mengucapkan salam dan meninggalkan ruangan kelas tersebut.
3.2 Pengelolaan
Kelas
a. Pengaturan
Ruangan Kelas
Ruangan kelas X yang kami observasi cukup
nyaman karena ruangan kelasnya bersih , cukup luas, terang dan
terdapat kipas angin yang tidak membuat siswa gerah, serta kelas
tersebut pun hanya diisi dengan 38 siswa, sehingga siswa
dapat belajar dengan baik dan guru dapat dengan mudah untuk mengontrol
siswanya jika sedang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
b. Pengelompokan Siswa
Bila di lihat dari segi tempat duduk siswa, siswa
perempuan duduk dengan siswa perempuan, begitu pula siswa laki-laki duduk
dengan siswa laki-laki. Hal ini bermaksud agar tidak terlalu terjadi keributan
antara siswa laki-laki dan siswa perempuan.
c. Suasana
Proses Belajar
Awalnya suasana ruang kelas
saat pelajaran berlangsung terkendali. Namun di pertengahan pelajaran, ada siswa yang menyeletuk
sehingga membuat keadaan kelas menjadi gaduh karena semua siswa tertawa. Banyak siswa, khususnya
yang berada di deretan belakang malah sibuk berbicara dengan teman-teman
didekatnya dan tidak mengerjakan soal yang diberikan. Menurut penulis Guru yang mengajar pada kelas tersebut
cukup disegani sehingga membuat siswa-siswa takut untuk ditegur kembali
Dari
segi penguasaan materi, guru cukup berhasil membawa siswanya untuk aktif
belajar dan memahami materi yang diberikan. Hal ini terlihat dari banyaknya
siswa yang menunjuk tangan saat diminta untuk maju menyelesaikan soal didepan
kelas. Dan ketika guru mempersilahkan
seseorang untuk menjelaskan kembali tentang sejarah kebuayaan islam
BAB IV
PENUTUP DAN
LAMPIRAN
4.1 Kesimpulan
Dari observasi yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Proses pembelajaran Sejarah di kelas X belajar
dengan optimal dan kondusif. Hal ini dikarenakan guru telah mempertimbangkan metode
atau strategi yang tepat digunakan untuk materi pelajaran didalam proses
pembelajaran. Sehingga siswa memperhatikan dan mengikuti pembelajaran
matematika dengan baik.
2. Metode yang digunakan yakni metode cooperatif, diskusi
dan metode ekspositori.
3. Dalam menjalankan
kegiatan belajar mengajar, guru harus memperhatikan beberapa hal agar tujuan
pembelajaran dapat dicapai, diantaranya merencanakan kegiatan pembelajaran,
membuat urutan pembelajaran, dan mampu mengelola kelas dengan baik.
4. Guru harus dapat memberi motivasi kepada para peserta
didik dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga para peserta didik dapat
mengembangkan ilmu dengan sendirinya tanpa dorongan dari orang lain, tetapi
dorongan dari diri siswa sendiri.
5. Guru
harus memperhatikan berbagai kendala yang mungkin terjadi dalam kelas, dan
sebisa mungkin dapat meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan
terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran agar Kegiatan Belajar Mengajar di
kelas dapat berjalan secara efektif.
Lampiran Rpp
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/1
Peminatan : Ilmu Ilmu Sosial
Materi Pokok : Penelitian dan Penulisan Sejarah
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 2x pertemuan)
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif
dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.7 Menganalisis
keterkaitan dan menerapkan langkah-langkah penelitian
Sejarah terhadap
berbagai peristiwa Sejarah
4.7 Melakukan penelitian
sejarah secara sederhana dan menyajikanya dalam
bentuk laporan
penelitian
Indikator
1.Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas kelompok
2. Menunjukkan sikap kerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok
3. Menunjukkan sikap jujur dalam mengumpulkan dan menyajikan data
4. Menunjukkan sikap santun dalam mengemukakan pendapat dalam
diskusi dan
presentasi
5. Mendeskripsikan tentang
data dan fakta dalam sejarah
6. Menjelaskan tentang realibilitas, validitas dan kesahihan
6. Menjelaskan konsep heuristik, verifikasi, interpretasi dan
historiografi dalam
penelitian sejarah
8. Membedakan prinsip
objektifitas dan subjektifitas dalam penulisan sejarah
9. Menemukan topic penelitian dalam penelitian sejarah
10. Melakukan tahap penelitian dan penulisan sejarah secara
sederhana
11. Mengolah data penelitian sesuai kaidah penelitian sejarah
12. Menulis hasil penelitian sejarah dalam bentuk laporan
penelitian
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan
berdiskusi siswa dapat:
·
Mendeskripsikan
tentang data dan fakta dalam
sejarah
·
Menjelaskan tentang realibilitas, validitas dan
kesahihan
·
Menjelaskan konsep heuristik, verifikasi, interpretasi dan
historiografi dalam
penelitian sejarah
·
Menemukan topic penelitian sejarah
·
Menunjukkan sikap kerjasama dalam mengerjakan tugas
·
Menunjukkan sikap santun dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi
dan
presentasi
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan siswa dapat:
·
Melakukan penelitian sejarah secara sederhana
·
Mengolah data penelitian sesuai kaidah
penelitian sejarah
·
Menulis hasil penelitian dalam bentuk laporan
penelitian
·
Menunjukkan perilaku jujur dalam mengumpulkan
dan menyajikan data
·
Menunjukan kerjasama dalam kerja kelompok
·
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam
mengerjakan tugas kelompok
Materi
Pembelajaran
·
Fakta
1.Pelaku sejarah
2.Saksi sejarah
3.Arsip arsip
4. Sumber sejarah
·
Konsep
1. Heuristik
2. Verifikasi
3. Interpretasi
4. Historiografi
·
Prinsip
1. Objektifitas penulisan sejarah
2. Topik Penelitian
3. Data dan fakta sejarah
4. Realibilitas, validitas dan sahih
·
Prosedural
1. Tahapan-tahapan Penelitian Sejarah
2. Pengolahan data
3. Penyajian Hasil Penelitian
Alokasi
Waktu
6 x 45 menit)
Pendekatan,
Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi :
Cooperative learning
Metode : Ceramah,
diskusi, tanya jawab dan penugasan
Pertemuan pertama (3 x 45 menit)
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi hasil kompetensi (KD) sebelumnya
tentang sumber sejarah
·
Mengkaitkan
peran sumber sumber sejarah
dengan penelitian dan penulisan sejarah (KD yang akan datang)
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Bertanya dan menagih secara lisan tugas
membaca tentang penelitian sejarah yang sudah ditugaskan pada pertemuan
sebelumnya
·
Melaksanakan pretes sederhana dengan kuis
tentang hal hal yang berhubungan dengan penelitian sejarah
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa mengamati tayangan video tentang kegiatan
sebuah penelitian
·
Siswa menyimak tentang hasil penelitian
sejarah
Guru menilai
keterampilan siswa mengamati
Menanya
· Siswa
berdialog secara interaktif dengan guru tentang topic penelitian, data dan
fakta penelitian
· Siswa
berdiskusi tentang peran sumber sejarah dan kelayakan sumber sejarah
(validitas, reliabilitas dan kredibilitas)
· Siswa
berdiskusi tentang langkah langkah penelitian sejarah
Mencoba/mengeksplorasi
·
Siswa dibagi dalam kelompok kecil,
masing-masing terdiri atas 5 sd 6 orang
·
Siswa dalam kelompok diminta untuk mencari
topic penelitian
dan
sumber sumber sejarahnya dengan berdasar kelayakan sumber
Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok
Mengasosiasi
·
siswa berdiskusi untuk menyimpulkan hubungan
antara topic penelitian dengan sumber sumber yang dibutuhkan berdasar
kelayakan sumber
Guru
membimbing/menilai kemampuan siswa mengolah data dan merumuskan kesimpulan
Mengomunikasikan
·
Perwakilan kelompok menyampaikan hasil
diskusi melalui presentasi
Guru menilai
kemampuan siswa berkomunikasi lisan dan tulisan
|
105 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa
menyimpulkan hasil diskusi
·
Memberi tugas membaca
mencari data tentang sejarah berdirinya sekolah mereka
·
Melaksanakan postes
dalam bentuk kuis
|
15 menit
|
Lampiran
foto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar