ANALISIS PENGGUNAAN EJAAN PADA MAKALAH EVALUASI
PENDIDIKAN SEMESTER 3
JURUSAN BKI(BIMBINGAN KONSELING ISLAM) UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI
SUMATERA UTARA
DISUSUN OLEH :
ANNISA DINDA HASANAH HRP
ALFAYED MUHAMMAD
MUHAMMAD HORI AZI RITONGA
NUR AINUN
RAUDATUL ZANNAH
SEMESTER
I
JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kepada Allah SWT kepada rahmad dan hidayah-Nya yang telah memberikan
akal dan pikiran sehingga makalah ini dapat kami selesaikan dengan baik,tak
lupa pula shalawat dan salam kepada nabi kita yaitu nabi Muhammad SAW yang
telah menegakkan ilmu pengetahuan di muka bumi ini.
Baiklah disini kami melakukan Analisis kepada makalah dari jurusan BKI
yang berjudul “Evaluasi Pendidikan.” Agar mengetahui kesalahan dan kebenaran
dari ejaan yang ada di makalah tersebut dan untuk menambah pemahaman ksmi
terhadap sebuah ejaan, selama kami membuat makalah ini kami dibimbing oleh
seorang Dosen yang bernama Khairina,S.S.,M.Hum.
Kami ucapkan sebanyak-banyaknya terima kasih kepada Dosen Pembimbing
Khairina,S.S.,M.Hum, orang tua kami beserta keluarga kami yang selalu
mendo’akan kami,serta teman-teman kami jurusan P.IPS(Pendidikan Ilmu Sosial)
yang membantu kami melakukan Analisis kepada makalah evaluasi pendidikan
jurusan BKI(Bimbingan Konseling Islam). Dan jika ada kesalahan dalam makalah
kami, kami menerima saran dan kritik atas analisis makalah ini karena kami juga
manusia yang tak luput dari kelalaian dan kami juga masih dalam tahap
pembelajaran hal itu akanm membuat kami akan semakin memahami makalah ini
Medan,
8 Desember 2016
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang masalah
B. Rumusan
Masalah
C. Tujuan
penelitian
D. Manfaat
penelitian
BAB II KERANGKA TEORI
1.Landasan teori
2.Hipotesis penelitian
BAB III METODE PENELITIAN
1.Waktu dan tempat penelitian
2.Metode dan rancangan penelitian
3.Populasi dan sempel penelitian
4.Instrumen penelitian
5.pengumpulan data dan analisis
data
BAB IV PEMBAHASAN PENELITIAN
1.Gambaran umum objek penelitian
2.Deskripsi hasil penelitian
3.pengujian hepotesis
4.Interpelasi hasil pengujian
hipotesis
BAB V PENUTUP
1.Kesimpulan
2.Saran
Daftar pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Suatu Negara
dapat di kenali dengan berbagai hal salah satunya dapat kita dari beragam-ragam suku yang terdapat di dalam
negara tersebut jika semakin banyak suku yang ada di dalam negara tersebut maka
di perlukan bahasa persatuan atau suatu bahasa yang bisa dipakai untuk
interaksi dengan antar suku atau dari satu suku ke suku yang lainya,contoh yang
ada di indonesia sangat banyak suku yang dapat kita temukan di indonesia maka
diperlukan satu bahasa yang dapat di pakai untuk interaksi antar suku maka di
indonesia ini kita mengenal bahasa itu di sebut dengan bahasa baku.
Maka di sini kami meneliti atau menganalisis suatu
makalah yang telah disusun oleh beberapa mahasisiwi yang telah mendapatkan pelajaran
bahasa indonesia dari mereka sekolah dasar sampai kuliah, maka kami melihat
masih banyak anak bangsa kita yang belum memahami penggunaan EYDdengan benar
maka disini kami akan meneliti makalh ini agar kita dapat mengambil pelajaran
dalam penggunaan EYD dan cara membuat karangan ilmiah.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan masalah di atas, maka kami akan
merumuskan masalah dalam satu masalah yaitu:
1. Meneliti
sebuah makalah yang berjudul Evaluasi Pendidikan yang disusun oleh mahasiswi dari
jurusan BKI (Bimbingan Konseling Islam).
C. Tujuan
penelitian
Mengacu pada rumusan masalah,maka ada beberapa
tujuan penulisan makalah ini, yaitu utntuk:
1.Untuk
melatih kemampuan menulis.
2.Untuk menyampaikan ide, maksudnya pokok permasalahan yang di sampaikan
agar lebih mudah di pahami oleh pembaca maka ditulis dalam bentuk karangan
ilmiah.
3.Sebagai tugas bahasa indonesia akhir semester I
D.Manfaat penelitian
1.Penulis
akan terlatih mengembangkan keterampilan membaca yang efektif.
2.mengetahui
pemakaian EYD (ejaan yang di sempurnakan) dengan benar.
3.Penulis
akan terlatih menganalisis suatu hal dengan baik dan teliti.
BAB II KERANGKA TEORI
1.Landasan teori
Ejaan adlah seoerangkat aturan tentang cara
menuliskan bahasa dengan menggunakan huruf, kata, dan tanda baca sebagai
sarananya.ejaan merupakan kaidah yang harus di patuhi oleh pemakai bahasa demi
keteraturan bentuk akan berimplikasi pada ketepadan dan kejelasan makna
2.Hipotesis penelitian
Disini kami menganggap makalah yang kami teliti ini
sangat bagus, karena pembahasan yang di angkat dalam makalah ini tentang Evaluasi
pendidikan, berarti makalah ini dapat di ambil mamfaatnya bagi seluruh fakultas
tarbiah dan keguruan bukan hanya jurusan mereka.
BAB III METODE PENELITIAN
1.Tempat dan waktu
Tanggal 30 November 2016 hari kamis jam 08:22 kami
pertama kali melakukan analisi kepada makalah yang kami analisis dengan judul Evaluasi
pendidikan yang di buat oleh mahasiswi jurusan BKI (bimbingan konseling islam)
Fakultas Tarbiah Dan Keguruan,kami meneliti di ruangan IPS II dengan semua
anggota kelompok kami yaitu Al fayed Muhammad,Muhammad hori azi
Ritonga,Raudatul Zannah, Nur Ainun,dan Annisa Dinda Hasanah HRP,lalu di lanjutkan
esok harinya yaitu tanggal 1 Desember 2016 hari jum’at lebih tepatnya
kurang-lebih jam 08:05 kami meneliti dalam ruang IPS II dengan seluruh anggota,
lalu kami melanjutkan pada tanggal 9 desesmber 2016 hari jum’at di dalam
ruangan IPS II dengan seluruh anggota kelompok kami, lalu dilanjutkan pada
tanggal 14 Desember 2016 pada hari rabu yang di lakukan oleh beberapa anggota kelompok yaitu: Annisa
Dinda Hasanah HRP,dan Nur Ainun kurang lebih Pada Pukul 22:20 Di rumah
AnnisaDinda Hasanah lalu analisis yang terakhir kami lakukan di rumah teman
kami yang bernama annisa dinda hasanah harahap pada tanggal 20 desember 2016.
2.Metode dan
Rancangan Penelitian
Disini
kelompok kami menggunakan 2 metode untuk menganalisis makalah yang kami teliti
yaitu: Metode Analisis Isi dan metode Deskiptif Analisis kami memilih metode
ini karenaMetode Deskriptif
adalah suatu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikanatau memberi
gambaran terhadap objek yang diteliti
melalui data atau sampel yang telah
terkumpul sebagaimana adanya tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan
yang berlaku untuk umum !" sedangkan metode analisis isi terdiri atas dua macam
yang pertama adalah isi laten yang memiliki makna segala sesuatu yang
terkandung dalam dokumen dan naskah dan yang di maksud oleh penulis, dan yang
kedua adalah isi komunikasi yang
memiliki makna pesan yang terkandung sebagai akibat komunimkasi sebagaiman
terwujud dalam hubungan naskah dan konsumen.
Kami juga memiliki teknik pengumpulan data yaitu
wawancara karna menurut kelompok kami wawancara adalah teknik termudah unutuk
membuat analisis makalah ini dan yang kami wawancarai adalah dosen bahasa
indonesia yang bernama Khairina,S.S.,M.Hum M.Pd
Teknik analisis kami menggunakan teknik Statistika
deskriptif berkenaan dengan bagaimana data dapat digambarkan dideskripsikan)
atau disimpulkan, baik secara numerik (misalnya menghitung rata-rata dan
deviasi standar) atau secara grafis (dalam bentuk tabel atau grafik), untuk
mendapatkan gambaran sekilas mengenai data tersebut, sehingga lebih mudah
dibaca dan bermakna.
3. Populasi Dan Sempel
Sempel analisis kami
adalah makalah dari jurusan BKI UINSU
BAB
III PEMBAHASAN
Setelah kami menganalisis makalah dari
jurusan BKI maka sangat banyak kesalahan yang terdapat pada makalah yang kami
analisis yaitu: pada sampul makalah tidak ada penjelasan tentang mereka semester
berapa,lalu pada kata pengantar paragraf yang ketiga kata dosen psikologi dan
teman-teman harusnya mereka memperinci nama dari Dosen dan teman yang membantu
membuat makalah mereka lalu kata-kata dari kata pengantar ini kurang di
perluas,dan di dalam daftar isi tidak tercantum Daftar putaka seharusnya mereka
mencantumkannya, pada latar Belakang Halaman 1 paragraf 1 setelah kata
pengetahuan ada tanda titik seharusnya mereka menempatkan tanda koma karena
disitu ada kata penghubung yaitu Dan, pada halaman yang kedua baris yang ketuju
ada tand kurung ya memang benar abin syamsudin memang cocok ada di tanda kurung
itu akan tetapi tahunnya tidak perlu karena tanda kurung dipakai untuk mengapit
kata yang keberadaannya di dalam teks dapat di munculkan atau di hilangkan
sedangkan tahun itu tidak perlu ada di dalam tanda kurung karena itu adalah
penjelasan kapan ia mengemukakan pendapatnya,Pada halaman yang ke 3 paragraf
yang ke 3 dari bawah tidak memiliki titik di akhir kalimat sedangkan seharusnya
setiaap akhir kalimat harus memiliki tanda titik pada akhir kalimat pada
halaman 8 paragraf ke 2 dari bawah ada kata belajar mengajar akan tetepi tidak
ada kata pisah sedangkan seharusnya di letakkan tanda pisah di situ,pada
halaman ke 14 judul yang h tidak memiliki titik seharusnya ada titik di situ.
BAB IV PEMBAHASAN PENELITIAN
1.Gambaran Umum Objek Penelitian.
Kami memandang makalah ini sebenarnya
bagus jika para pembuat makalah yanag kami teliti ini serius dan konsentrasi
dalam membust /menuliskan makalah ini karena menurut kami makalah ini hanya
memilki kecacatan dalam penulisannya.
2.Deskripsi hasil penelitian
Memang
benar judul yang mereka ambil sangat bagus, itu telah ter bukti dalam
pembahasan mereka makan tetapi pembuatan makalah ini kurang bagus dan benar.
3.Pengujian hipotesis
Kami telah menguji hipotesis kami tadi
akan tetapi hal itu dapat terbantahkan karen banyaknya kekurangan dalam makalah
ini.
4.Interpelasi Hasil Pengujian Hipotesis.
Setelah kami menganalisis makalah yang
menjadi objek penelitian ternyata banyak yang salah dan kurang sesuai itu telah
terbukti dengan bukti itu dapat kita simpulkan kalaw makalah yang kami teliti
kurang bagus.
BAB
V PENUTUP
1.Kesimpulan
Jadi dapat kita simpulkan bahwa makalah
yang kami analisis memilii beberapa kesalahan baik dalam bebtu tanda huruf
ataupu dalah penulisannya.
2.saran
Jadi saran kami jika ingin membuat suatu
makalah/kayya ilmiah lainnya harus lebih hati-hati dan teliti karna kesalahan
terjadi jika ada ketidak telitian dalam membentu/menulis suatu karya ilmiah.
DAFTAR
PUSTAKA
Https://Warta
Sejarah.com
Dunia
kampus7.blogspot.com
Kampret
BalasHapusapa gaya kau ini
BalasHapus