Rabu, 22 November 2017

makalah bahasa indonesia



ANALISIS PENGGUNAAN EJAAN PADA MAKALAH EVALUASI PENDIDIKAN SEMESTER 3
JURUSAN BKI(BIMBINGAN KONSELING ISLAM) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUMATERA UTARA

DISUSUN OLEH :
ANNISA DINDA HASANAH HRP
ALFAYED MUHAMMAD
MUHAMMAD HORI AZI RITONGA
NUR AINUN
RAUDATUL ZANNAH
SEMESTER I
JURUSAN  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
           









FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA





KATA PENGANTAR

   Puji syukur kepada Allah SWT kepada rahmad dan hidayah-Nya yang telah memberikan akal dan pikiran sehingga makalah ini dapat kami selesaikan dengan baik,tak lupa pula shalawat dan salam kepada nabi kita yaitu nabi Muhammad SAW yang telah menegakkan ilmu pengetahuan di muka bumi ini.
   Baiklah disini kami melakukan Analisis kepada makalah dari jurusan BKI yang berjudul “Evaluasi Pendidikan.” Agar mengetahui kesalahan dan kebenaran dari ejaan yang ada di makalah tersebut dan untuk menambah pemahaman ksmi terhadap sebuah ejaan, selama kami membuat makalah ini kami dibimbing oleh seorang Dosen yang bernama Khairina,S.S.,M.Hum.
   Kami ucapkan sebanyak-banyaknya terima kasih kepada Dosen Pembimbing Khairina,S.S.,M.Hum, orang tua kami beserta keluarga kami yang selalu mendo’akan kami,serta teman-teman kami jurusan P.IPS(Pendidikan Ilmu Sosial) yang membantu kami melakukan Analisis kepada makalah evaluasi pendidikan jurusan BKI(Bimbingan Konseling Islam). Dan jika ada kesalahan dalam makalah kami, kami menerima saran dan kritik atas analisis makalah ini karena kami juga manusia yang tak luput dari kelalaian dan kami juga masih dalam tahap pembelajaran hal itu akanm membuat kami akan semakin memahami makalah ini




Medan, 8 Desember 2016





DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
   BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang masalah
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan penelitian
D.    Manfaat penelitian
   BAB II KERANGKA TEORI
              1.Landasan teori
              2.Hipotesis penelitian
    BAB III METODE PENELITIAN
              1.Waktu dan tempat penelitian
              2.Metode dan rancangan penelitian
              3.Populasi dan sempel penelitian
              4.Instrumen penelitian
              5.pengumpulan data dan analisis data
BAB IV PEMBAHASAN PENELITIAN
             1.Gambaran umum objek penelitian
             2.Deskripsi hasil penelitian
             3.pengujian hepotesis
             4.Interpelasi hasil pengujian hipotesis
BAB V PENUTUP
             1.Kesimpulan
             2.Saran
Daftar pustaka



 BAB I

PENDAHULUAN


A.Latar Belakang

    Suatu Negara dapat di kenali dengan berbagai hal salah satunya dapat kita dari  beragam-ragam suku yang terdapat di dalam negara tersebut jika semakin banyak suku yang ada di dalam negara tersebut maka di perlukan bahasa persatuan atau suatu bahasa yang bisa dipakai untuk interaksi dengan antar suku atau dari satu suku ke suku yang lainya,contoh yang ada di indonesia sangat banyak suku yang dapat kita temukan di indonesia maka diperlukan satu bahasa yang dapat di pakai untuk interaksi antar suku maka di indonesia ini kita mengenal bahasa itu di sebut dengan bahasa baku.

Maka di sini kami meneliti atau menganalisis suatu makalah yang telah disusun oleh beberapa  mahasisiwi yang telah mendapatkan pelajaran bahasa indonesia dari mereka sekolah dasar sampai kuliah, maka kami melihat masih banyak anak bangsa kita yang belum memahami penggunaan EYDdengan benar maka disini kami akan meneliti makalh ini agar kita dapat mengambil pelajaran dalam penggunaan EYD dan cara membuat karangan ilmiah.


       B. Rumusan Masalah

Berdasarkan masalah di atas, maka kami akan merumuskan masalah dalam satu masalah yaitu:
        1. Meneliti sebuah makalah yang berjudul Evaluasi Pendidikan yang disusun oleh mahasiswi dari jurusan BKI (Bimbingan Konseling Islam).


       C. Tujuan penelitian  
Mengacu pada rumusan masalah,maka ada beberapa tujuan penulisan makalah ini, yaitu utntuk:
         1.Untuk melatih kemampuan menulis.
         2.Untuk menyampaikan ide, maksudnya pokok permasalahan yang di sampaikan agar lebih mudah di pahami oleh pembaca maka ditulis dalam bentuk karangan ilmiah.

         3.Sebagai tugas bahasa indonesia akhir semester I

      D.Manfaat penelitian
         1.Penulis akan terlatih mengembangkan keterampilan membaca yang               efektif.
         2.mengetahui pemakaian EYD (ejaan yang di sempurnakan) dengan benar.
    3.Penulis akan terlatih menganalisis suatu hal dengan baik dan teliti.


BAB II KERANGKA TEORI

1.Landasan teori
Ejaan adlah seoerangkat aturan tentang cara menuliskan bahasa dengan menggunakan huruf, kata, dan tanda baca sebagai sarananya.ejaan merupakan kaidah yang harus di patuhi oleh pemakai bahasa demi keteraturan bentuk akan berimplikasi pada ketepadan dan kejelasan makna

2.Hipotesis penelitian
Disini kami menganggap makalah yang kami teliti ini sangat bagus, karena pembahasan yang di angkat dalam makalah ini tentang Evaluasi pendidikan, berarti makalah ini dapat di ambil mamfaatnya bagi seluruh fakultas tarbiah dan keguruan bukan hanya jurusan mereka.



BAB III METODE PENELITIAN

1.Tempat dan waktu
Tanggal 30 November 2016 hari kamis jam 08:22 kami pertama kali melakukan analisi kepada makalah yang kami analisis dengan judul Evaluasi pendidikan yang di buat oleh mahasiswi jurusan BKI (bimbingan konseling islam) Fakultas Tarbiah Dan Keguruan,kami meneliti di ruangan IPS II dengan semua anggota kelompok kami yaitu Al fayed Muhammad,Muhammad hori azi Ritonga,Raudatul Zannah, Nur Ainun,dan Annisa Dinda Hasanah HRP,lalu di lanjutkan esok harinya yaitu tanggal 1 Desember 2016 hari jum’at lebih tepatnya kurang-lebih jam 08:05 kami meneliti dalam ruang IPS II dengan seluruh anggota, lalu kami melanjutkan pada tanggal 9 desesmber 2016 hari jum’at di dalam ruangan IPS II dengan seluruh anggota kelompok kami, lalu dilanjutkan pada tanggal 14 Desember 2016 pada hari rabu yang di lakukan  oleh beberapa anggota kelompok yaitu: Annisa Dinda Hasanah HRP,dan Nur Ainun kurang lebih Pada Pukul 22:20 Di rumah AnnisaDinda Hasanah lalu analisis yang terakhir kami lakukan di rumah teman kami yang bernama annisa dinda hasanah harahap pada tanggal 20 desember 2016.

 2.Metode dan Rancangan Penelitian
  Disini kelompok kami menggunakan 2 metode untuk menganalisis makalah yang kami teliti yaitu: Metode Analisis Isi dan metode Deskiptif Analisis kami memilih metode ini karenaMetode Deskriptif adalah suatu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikanatau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum !" sedangkan metode analisis isi terdiri atas dua macam yang pertama adalah isi laten yang memiliki makna segala sesuatu yang terkandung dalam dokumen dan naskah dan yang di maksud oleh penulis, dan yang kedua adalah isi komunikasi  yang memiliki makna pesan yang terkandung sebagai akibat komunimkasi sebagaiman terwujud dalam hubungan naskah dan konsumen.
Kami juga memiliki teknik pengumpulan data yaitu wawancara karna menurut kelompok kami wawancara adalah teknik termudah unutuk membuat analisis makalah ini dan yang kami wawancarai adalah dosen bahasa indonesia yang bernama Khairina,S.S.,M.Hum M.Pd

Teknik analisis kami menggunakan teknik Statistika deskriptif berkenaan dengan bagaimana data dapat digambarkan dideskripsikan) atau disimpulkan, baik secara numerik (misalnya menghitung rata-rata dan deviasi standar) atau secara grafis (dalam bentuk tabel atau grafik), untuk mendapatkan gambaran sekilas mengenai data tersebut, sehingga lebih mudah dibaca dan bermakna.

                       3. Populasi Dan Sempel
                         Sempel analisis kami adalah makalah dari jurusan BKI UINSU







              


BAB III PEMBAHASAN
Setelah kami menganalisis makalah dari jurusan BKI maka sangat banyak kesalahan yang terdapat pada makalah yang kami analisis yaitu: pada sampul makalah tidak ada penjelasan tentang mereka semester berapa,lalu pada kata pengantar paragraf yang ketiga kata dosen psikologi dan teman-teman harusnya mereka memperinci nama dari Dosen dan teman yang membantu membuat makalah mereka lalu kata-kata dari kata pengantar ini kurang di perluas,dan di dalam daftar isi tidak tercantum Daftar putaka seharusnya mereka mencantumkannya, pada latar Belakang Halaman 1 paragraf 1 setelah kata pengetahuan ada tanda titik seharusnya mereka menempatkan tanda koma karena disitu ada kata penghubung yaitu Dan, pada halaman yang kedua baris yang ketuju ada tand kurung ya memang benar abin syamsudin memang cocok ada di tanda kurung itu akan tetapi tahunnya tidak perlu karena tanda kurung dipakai untuk mengapit kata yang keberadaannya di dalam teks dapat di munculkan atau di hilangkan sedangkan tahun itu tidak perlu ada di dalam tanda kurung karena itu adalah penjelasan kapan ia mengemukakan pendapatnya,Pada halaman yang ke 3 paragraf yang ke 3 dari bawah tidak memiliki titik di akhir kalimat sedangkan seharusnya setiaap akhir kalimat harus memiliki tanda titik pada akhir kalimat pada halaman 8 paragraf ke 2 dari bawah ada kata belajar mengajar akan tetepi tidak ada kata pisah sedangkan seharusnya di letakkan tanda pisah di situ,pada halaman ke 14 judul yang h tidak memiliki titik seharusnya ada titik di situ.
BAB IV PEMBAHASAN PENELITIAN
1.Gambaran Umum Objek Penelitian.
Kami memandang makalah ini sebenarnya bagus jika para pembuat makalah yanag kami teliti ini serius dan konsentrasi dalam membust /menuliskan makalah ini karena menurut kami makalah ini hanya memilki kecacatan dalam penulisannya.
2.Deskripsi hasil penelitian
 Memang benar judul yang mereka ambil sangat bagus, itu telah ter bukti dalam pembahasan mereka makan tetapi pembuatan makalah ini kurang bagus dan benar.
3.Pengujian hipotesis
Kami telah menguji hipotesis kami tadi akan tetapi hal itu dapat terbantahkan karen banyaknya kekurangan dalam makalah ini.
4.Interpelasi Hasil Pengujian Hipotesis.
Setelah kami menganalisis makalah yang menjadi objek penelitian ternyata banyak yang salah dan kurang sesuai itu telah terbukti dengan bukti itu dapat kita simpulkan kalaw makalah yang kami teliti kurang bagus.



BAB V PENUTUP
1.Kesimpulan
Jadi dapat kita simpulkan bahwa makalah yang kami analisis memilii beberapa kesalahan baik dalam bebtu tanda huruf ataupu dalah penulisannya.
2.saran
Jadi saran kami jika ingin membuat suatu makalah/kayya ilmiah lainnya harus lebih hati-hati dan teliti karna kesalahan terjadi jika ada ketidak telitian dalam membentu/menulis suatu karya ilmiah.


                                  







                                       
















 DAFTAR PUSTAKA
Https://Warta Sejarah.com
Dunia kampus7.blogspot.com

2 komentar: